FREQUENTLY ASKED QUESTION

UMUM - Tentang GandengTangan.org

Apa itu GandengTangan.org?

GandengTangan.org adalah platform yang memberikan akses pembiayaan yang bersahabat kepada usaha mikro dan kecil dari dana gotong royong masyarakat yang menjadi investor; melalui teknologi dan dilengkapi dengan pendampingan dari masyarakat lokal setempat.

Melalui GandengTangan.org, masyarakat bisa memberikan investasi yang berdampak sosial dengan imbal hasil yang sesuai, secara aman, transparan, mudah, dan terjangkau.

Apa tujuan didirikan GandengTangan.org?

Crowdlending adalah pengumpulan dana pinjaman secara keroyokan dari masyarakat melalui internet dengan nominal yang tidak terlalu besar, dan menjadwalkan pengembalian pinjaman yang akan diterima oleh Pemodal dan harus dibayar oleh Peminjam

Bagaimana skema pembiayaan di GandengTangan.org?

Pembiayaan di GandengTangan.org menggunakan skema crowd-lending, yaitu pembiayaan secara keroyokan dari masyarakat yang menjadi Investor, kepada wirausaha mikro dan kecil dengan menggunakan teknologi.

GandengTangan.org sebagai wadah yang menghubungkan antara wirausaha mikro yang membutuhkan pembiayaan untuk pengembangan usahanya, dengan para Investor yang ingin memberikan pembiayaan berdasarkan pertimbangan resiko, imbal hasil, maupun dampak sosial yang diharapkan.

Siapakah tim yang ada di belakang GandengTangan.org?

Anggota tim GandengTangan terdiri dari para pemuda yang aktif berorganisasi, profesional, memiliki kepedulian sosial tinggi, dan memiliki keahlian di bidang masing-masing. Kami mempunyai tim yang ahli di bidang IT (Information Technology) yang sudah memiliki pengalaman 5-13 tahun di bidangnya. Kami juga memiliki tim Community Development yang telah teruji di lapangan dalam melakukan fasilitasi, pemberdayaan, dan monitoring. Kami pun memiliki anggota tim dan penasehat strategis yang sudah berkecimpung dalam dunia keuangan, management consulting, dan investasi.

Bagaimana awal mula munculnya mengenai ide GandengTangan.org?

Awal mula muncul ide GandengTangan.org dimulai saat founder sedang menyusun tesis untuk kuliahnya dan menemukan riset McKinsey yang memprediksi bahwa Indonesia menjadi negara ke-7 terbesar pada tahun 2030. Di saat tumbuhnya optimisme tersebut, ia pun menemukan data fakta bahwa lebih dari 50% penduduk di Indonesia masih hidup di bawah $2, dimana itu adalah indikator kemiskinan yang dipakai di dunia. Dengan harapan bisa terrealisasinya prediksi Indonesia menjadi negara ke-7 di dunia, maka tingkat kesejahteraan penduduk harus ditingkatkan dan kesenjangan ekonomi perlu diturunkan, salah satunya adalah dengan jumlah pekerjaan.

Fakta kedua yang ditemui adalah 97% dari total pekerjaan di Indonesia diciptakan oleh UMKM, sehingga pertumbuhan UMKM sangat penting dalam penciptaan pekerjaan. Masalahnya 57 juta usaha mikro di Indonesia tidak bisa mendapatkan akses pendanaan ke perbankan karena faktor tidak adanya jaminan, pembukuan, maupun riwayat kredit yang dimiliki. Padahal dalam kenyataannya, banyak dari mereka yang harus meminjam dari rentenir dengan bunga yang tinggi, dan masih bisa membayarnya hingga sekarang.

Alangkah lebih baik apabila, kita bisa menjadi investor untuk mereka dengan memberikan pembiayaan yang lebih murah dari rentenir, namun masih bisa mendapatkan imbal hasil yang sesuai, bahkan lebih tinggi dari instrumen investasi perbankan, seperti tabungan dan deposito.

UNTUK INVESTOR

Apa itu Pendana?

Pendana adalah individu atau institusi yang memberikan pembiayaan untuk wirausaha mikro yang mengajukan pinjaman dan dipublikasikan di platform GandengTangan.org.

Siapa saja yang bisa menjadi Pendana?

Siapapun yang sudah memiliki KTP dan rekening bank dapat menjadi Pendana di GandengTangan.org

Biaya apa saja yang dikenakan pada saya sebagai Pendana?

Pendana tidak akan dikenakan biaya apa pun selama melakukan investasi di GandengTangan.org

Berapa minimum dan maksimum dana yang bisa diinvestasikan?

Anda bisa memberikan pembiayaan mulai dari Rp 50,000 dan tidak ada batasan maksimal dana pembiayaan yang bisa Anda salurkan.

Mengapa Anda harus memberikan pembiayaan di GandengTangan.org?

IMBAL HASIL DUA KALI LIPAT DEPOSITO. Dengan memberikan pembiayaan di Gandengtangan, Anda akan mendapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun, tanpa dipotong atau dikenakan biaya apapun.

AMAN & TRANSPARAN. Selain itu, GandengTangan pun memiliki GT-Trust (link) yang menjadi mitra lokal yang diseleksi dengan ketat, dimana mereka bertugas mendampingi langsung, mulai dari wirausaha mikro tersebut belum mendapatkan pembiayaan, hingga pembiayaannya lunas. Platform GandengTangan pun dilengkapi dengan alat penilaian yang disebut Credit Scoring yang dipakai untuk menganalisa UMKM yang sehat, dilihat dari aspek pribadi, usaha, keuangan, dan modal sosialnya. Hal ini membuat pembiayaan di GandengTangan menjadi aman dan dapat dikontrol serta dimonitor.

Kami mengutamakan transparansi dalam melakukan usaha kami, sehingga pengguna GandengTangan, terutama Pendana, dapat mengakses data informasi wirausaha mikro yang mengajukan usaha dan data GT-Trust. Seluruh data transaksi pun terrekam dan dapat dilihat secara real-time oleh Pendana di GandengTangan.

BEBAS DARI KERUMITAN. Anda tidak perlu selalu memonitor dana investasi Anda dan mengkhawatirkan investasi Anda akan fluktuatif atau sewaktu-waktu dapat terjun bebas seperti harga saham saat kondisi makro tidak menentu. Dengan melakukan pembiayaan pada UMKM yang merupakan penyokong utama ketahanan ekonomi nasional, Anda bisa mendapatkan imbal hasil secara langsung setiap pembayaran angsuran, yang akan masuk ke dalam e-Wallet Anda. Anda tidak perlu pusing-pusing untuk tahu kapan harus jual, kapan harus beli.

TERJANGKAU. Anda dapat melakukan investasi dengan memberikan pembiayaan mulai dari Rp 50,000 kepada wirausaha mikro yang ingin didanai, dengan memulai deposit awal minimum Rp 500,000.

IMPACTFUL. Anda juga akan mendapatkan informasi update mengenai kemajuan usaha UMKM setelah mendapatkan pembiayaan, sehingga Anda merasakan secara langsung terlibat menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi usaha mikro dan kecil, seperti pedagang pasar, pedagang kaki lima, petani, nelayan dll. Berdasarkan fakta, 97% dari total pekerjaan di Indonesia diciptakan oleh UMKM, sehingga pertumbuhan UMKM sangat penting dalam penciptaan pekerjaan untuk mengurangi kesenjangan ekonomi.

Apa yang didapatkan oleh Pendana setelah memberikan pembiayaan ke wirausaha mikro?

  1. Pendana akan mendapatkan angsuran dengan imbal hasil yang setara atau bahkan lebih tinggi dari instrumen investasi perbankan, seperti deposito dan tabungan. Angsuran dapat diterima setiap minggu atau setiap 2 minggu, tergantung usaha yang dipilih.
  2. Pendana mendapatkan update informasi mengenai kemajuan usaha yang dipinjamkan, yang akan di-update oleh GT-Trust, pendamping lokal. Hal ini memastikan bahwa pembiayaan tepat sasaran dan memberikan dampak sosial pada usaha mikro yang didanai.

PANDUAN INVESTASI & MENCAIRKAN DANA

Bagaimana caranya menjadi Pendana?

  1. Registrasi dan verifikasi akun Anda
  2. Lengkapi Formulir Profil Pendana
  3. Top-up Saldo E-Wallet Anda
  4. Pilih usaha yang ingin didanai

Ikuti langkah-langkah registrasi untuk menjadi Pendana disini ke page “Sign Up”

Bagaimana agar saya mendapat bantuan untuk proses pendaftaran?

Anda dapat menghubungi tim kami melalui:

  1. LiveChat di web kami setiap hari Senin-Jumat pukul 09.00-18.00, atau
  2. E-mail di kontak@gandengtangan.org, atau
  3. WhatsApp di nomor 081290088725

Apa maksudnya Top-Up Saldo E-Wallet?

Sebelum memberikan pembiayaan, Anda harus mengisi saldo e-Wallet di akun Anda minimal Rp 50,000 dengan melakukan Top Up Saldo. Dana yang terdapat di saldo e-Wallet itu dapat Anda pinjamkan ke usaha mikro yang ingin didanai.

Bisakah saya memilih usaha yang ingin saya bantu?

Di gandengtangan Anda memutuskan sendiri akan berinvestasi pada UMKM yang mana. Kami menyeleksi dengan ketat melalui kredit skoring dan GT-Trust.

Bagaimana cara mengakses dana saya dan mendapatkan informasi real time tentang investasi saya?

Ketika menjadi pengguna GandengTangan Anda secara otomatis akan mendapatkan dashboard yang memudahkan Anda  untuk melihat keseluruhan aktivitas investasi Anda.

Kapan saya menerima pengembalian pertama atas investasi saya?

Anda akan menerima angsuran yang pertama, yaitu:

  1. 1 minggu setelah dana pembiayaan ditransfer ke rekening Penerima Pembiayaan, apabila angsuran dibayar setiap minggu; atau
  2. 2 minggu setelah dana pembiayaan ditransfer ke rekening Penerima Pembiayaan, apabila angsuran dibayar setiap 2 minggu.

Sistem kami secara otomatis akan mengupdate status pengembalian setiap hari Kamis atau Jumat.

Berapa nominal dana yang bisa saya cairkan dari saldo e-Wallet saya?

Anda hanya bisa menarik dana sejumlah yang terdapat di saldo e-Wallet Anda

Apakah ada saldo minimum dan jumlah penarikan minimum dari e-wallet?

Untuk menjadi pendana di GandengTangan minimal top-up saldo pertama yang Anda lakukan adalah sebesar Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).

Namun, GandengTangan tidak memberlakukan saldo minimum dan penarikan minimum pada e-wallet Anda.

MENGELOLA RESIKO

Bagaimana saya mengurangi resiko investasi saya?

Setiap investasi tentunya memiliki resiko. Untuk meminimalisir resiko kegagalan investasi, kami menyarankan Anda tidak hanya memberikan pembiayaan pada satu UMKM, Anda sebaiknya melakukan diversivikasi investasi yaitu memberikan pembiayaan ke beberapa UMKM yang tersediai.

Diversifikasi adalah cara pengelolaan resiko investasi dengan melakukan investasi pada beberapa UMKM dari beragam sektor maupun wilayah, sehingga semakin beragam portfolio UMKM yang Anda danai maka semakin kecil resiko yang akan Anda hadapi.

Apakah memberikan pembiayaan di platform GandengTangan.org aman?

Kemanan pembiayaan yang Anda lakukan mulai kami lakukan ketika proses rekrutmen GT-Trust yang sangat ketat. GT-Trust (link) yang menjadi mitra lokal bertugas mendampingi wirausaha mikro secara langsung, mulai dari wirausaha mikro tersebut belum mendapatkan pembiayaan, hingga pembiayaannya lunas. Platform GandengTangan pun dilengkapi dengan alat penilaian yang disebut Credit Scoring yang dipakai untuk menganalisa UMKM yang sehat, dilihat dari aspek pribadi, usaha, keuangan, dan modal sosialnya. Hal ini membuat pembiayaan di GandengTangan menjadi aman dan dapat dikontrol serta dimonitor.

Selain itu keseluruhan proses pembiayaan dilakukan secara daring, sehingga transparansi proses dapat terjadi. Kami mengutamakan transparansi dalam melakukan usaha kami, sehingga pengguna GandengTangan, terutama Pendana, dapat mengakses data informasi wirausaha mikro yang mengajukan usaha dan data GT-Trust. Seluruh data transaksi pun terrekam dan dapat dilihat secara real-time oleh Pendana di GandengTangan.

Bagaimana GandengTangan.org menilai kelayakan usaha mikro yang diseleksi?

GandengTangan.org menjalin kemitraan dengan mitra setempat, yang disebut GT-TRUST, yang telah diseleksi secara ketat dan dibekali training pendampingan. GT-TRUST diharuskan melakukan verifikasi dan analisa melalui wawancara dan kunjungan ke lokasi usaha, serta melakukan pendampingan usaha dengan mengadakan pertemuan rutin minimal sebulan sekali, untuk mengembangkan dan memonitor usaha mikro yang didanai.

GandengTangan.org juga memiliki sistem penilaian Credit Scoring yang menilai UMKM berdasarkan aspek data pribadi, usaha, keuangan, dan modal sosial; untuk menilai  apakah mereka termasuk UMKM yang sehat.

Apa yang terjadi jika penerima pembiayaan terlambat membayar?

Kondisi tersebut bagian dari resiko investasi yang pasti akan kami dan Anda hadapi. Sebelum menyetujui seorang UMKM menjadi Penerima Pembiayaan, GT-Trust harus memastikan “kelayakan” yang telah ditentukan oleh GandengTangan, sehingga meminimalkan resiko terlambat dalam mengembalikan dana pembiayaan.

Apabila Usaha Mikro dan Kecil sudah merasa kesulitan membayar dan terlambat membayar angsuran, maka GT-Trust  sebagai pendamping akan langsung mengetahui masalah yang dihadapi UMKM tersebut, dan memberikan solusi yang bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut. Karena apabila masalah tersebut tidak terselesaikan, akan memberi dampak kepada Pendana, GT-Trust dan GandengTangan.

Dengan persetujuan tim GandengTangan berdasarkan analisa dan verifikasi, GT-Trust dapat mengajukan restrukturisasi pembayaran angsuran dan mengabarkan kepada para pendana mengenai hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh UMKM.

Saat ada keterlambatan pembayaran angsuran, hak GT-Trust yang seharusnya diterima atas kewajibannya akan tertahan, sehingga GT-Trust memiliki kepentingan untuk membantu UMKM agar mampu membayar angsuran secara tepat waktu.

Apa yang terjadi jika penerima pembiayaan gagal dan tidak mampu membayar?

Kami memiliki skema alokasi penjaminan resiko yang dipakai apabila kegagalan pembayaran sesuai dengan syarat-syarat kebijakan perusahaan, seperti Penerima Pembiayaan meninggal dunia atau usahanya gagal akibat adanya hal-hal yang termasuk dalam kondisi force majeur, seperti bencana alam, huruhara, dan lain-lain.

Bagaimana investasi saya dapat disalurkan ke penerima pembiayaan yang tepat?

Mereka yang bergabung sebagai GT-Trust adalah individu yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan UMKM di Indonesia. Kami meyakini dengan kepedulian dan transfer nilai-nilai GandengTangan yang kami lakukan ketika training dapat diterapkan oleh GT-Trust untuk memilih UMKM yang tepat.

Selain itu pengajuan pembiayaan yang dilakukan oleh UMKM akan diseleksi dengan menggunakan kredit skoring yang kami kembangkan berdasarkan beberapa hasil penelitian dan dikombinasikan dengan lembaga penyeleksi perkreditan yang menjadi mitra kami.

Dapatkah saya membatalkan pendanaan yang telah saya lakukan dan telah diproses?

Tidak bisa. Pendanaan yang sudah diberikan tidak bisa ditarik kembali, karena akan mengganggu sistem pengumpulan dana pembiayaan yang sedang berlangsung. Apalagi jika investasi sudah disalurkan kepada penerima pembiayaan, maka pembatalan investasi akan merugikan penerima pembiayaan, karena sebagai pengusaha mikro atau kecil mereka tentunya memiliki keterbatasan untuk mengembalikan dana besar dalam waktu singkat.

Dapatkah investor dan penerima pembiayaan memiliki perjanjian yang mengikat secara hukum?

Investor dan penerima pembiayaan memiliki perjanjian secara elektronik yang mengikat secara hukum, dimana GandengTangan juga termasuk dalam perjanjian tersebut sebagai Perantara. Perjanjian tersebut akan Anda baca dan pelajari ketika mendaftar sebagai pengguna dan mulai melakukan pembiayaan.

Apa yang terjadi jika penerima pembiayaan melakukan pelunasan lebih awal?

Kami sangat mengapresiasi penerima pembiayaan yang melakukan pelunasan lebih awal, dan tidak dikenakan penalti mengenai hal tersebut. Proses pengembalian kepada para investor akan kami lakukan secara bertahap selambat-lambatnya dalam 3 (tiga) hari kerja.

UNTUK PENERIMA PEMBIAYAAN

Berapa maksimal dana pembiayaan yang bisa diajukan?

Dana maksimal yang dapat Anda ajukan adalah Rp 25.000.000,- Namun, jumlah dana harus sesuai dengan tujuan penggunaanya, kemampuan pengembalian pinjaman, dan memperkirakan kemampuan mengumpulkan dana pinjaman tersebut dalam waktu yang terbatas.

Apa saja produk pembiayaan yang terdapat di GandengTangan.org?

Saat ini produk pembiayaan yang terdapat di GandengTangan.org adalah pembiayaan dengan nominal mulai dari Rp 2,000,000 sampai Rp 25,000,000 dengan tenor 8, 12, 24, dan 48 minggu.

Apa saja syarat untuk bisa menjadi Penerima Pembiayaan melalui GandengTangan.org?

Apa saja syarat untuk bisa menjadi Penerima Pembiayaan melalui GandengTangan.org?

  1. Usaha Anda telah berjalan minimal 6 bulan.
  2. Pembiayaan digunakan untuk tujuan produktif.
  3. Telah diverifikasi dan lulus seleksi analisa dari GT-Trust di wilayah Anda.
  4. Bersedia mengikuti proses pendampingan, termasuk pertemuan rutin dengan GT-Trust.

Bagaimana caranya mengajukan usaha untuk mendapat pembiayaan?

Ikuti langkah-langkah untuk mengajukan usaha disini ke page “AJUKAN USAHA”

Berapa lama durasi waktu proses sampai dana pembiayaan bisa saya terima?

Apabila kami telah memiliki GT-Trust di daerah Anda maka durasi waktu yang kami usahakan adalah 14 hari kerja. Namun, hal itu disesuaikan dengan permintaan dan perkiraan kemampuan dari GT-Trust maupun Penerima Pembiayaan.

Apakah ada Perjanjian Pinjam Meminjam hitam di atas putih?

Ketika proposal pembiayaan diajukan, GT-Trust akan mengajukan Perjanjian Aqad Jual Beli Murabahah yang harus ditandatangani secara langsung oleh calon penerima pembiayaan dan di-submit kepada kami dan Investor melalui Dashboard GT-Trust.

Bagaimana cara membayar angsuran pembiayaan?

Angsuran akan di auto-debet dari rekening bank penerima pembiayaan setiap masa angsuran telah tiba.